Senin, 17 Oktober 2011

KEBANGKITAN PARIWISATA KABUPATEN MAGELANG

KEBANGKITAN PARIWISATA KABUPATEN MAGELANG

Mengenal Pariwisata Kabupaten Magelang Lebih Dekat
            Kabupaten Magelang adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terletak di sebelah utara Jogjakarta dan sebelah selatan Semarang. Kabupaten Magelang berada di jalur strategis yang menguhubungkan dua ibu kota provinsi: Semarang-Yogyakarta. Kota Mungkid, ibu kota kabupaten ini, berada sekitar 10 km sebelah selatan Kota Magelang. Wilayahnya dibatasi oleh Gunung Sumbing di sebelah barat daya, gunung Merapi dan Merbabu di sebelah timur, dan pegunungan Menoreh di sebelah selatan. Sehingga kabupaten Magelang memiliki pesona alam yang mendukung wisatawan untuk berkunjung di kabupaten Magelang.


            Candi Borobudur, yang merupakan maskot pariwisata kabupaten Magelang ini adalah merupakan candi budha terbesar di dunia. Candi Borobudur adalah salah satu dari tiga warisan budaya dunia yang ada di Indonesia selain Candi Prambanan dan Museum Sangiran. Candi ini juga digunakan untuk tempat merayakan hari suci umat budha yaitu Waisak. Selain itu ada beberapa wisata menarik Candi Borobudur seperti : Borobudur Village Tour, dan Andong / Becak Tour di Candi Mendut – Candi Pawon – dan Candi Borobudur. Berbagai macam wisata menarik dan event – event di Borobudur dan sekitarnya ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
Add caption

Kabupaten Magelang memiliki keindahan panorama yang mempesona. Ada berbagai wisata alam tersebar diberbagai penjuru wilayah kabupaten Magelang. Misalnya di kecamatan Grabag, ada beberapa obyek wisata alam yang mempesona, diantaranya : Telaga Bleder yang memiliki panorama yang indah, Losari Coffe Plantation, dan kesegaran air terjun Sekar Langit, serta pemandian air hangat Candi Umbul yang bisa digunakan untuk terapi kesehatan. Dari obyek-obyek wisata tersebut, dapat di kelola menjadi sebuah produk wisata unggulan dengan didampingi makanan khas kecamatan Grabag ataupun kerajinan masyarakat disana. Dan produk wisata tersebut akan menjadi lebih menarik lagi dengan adanya kesenian tradisional, misalnya kesenian Jatilan atau Kubro Siswo yang cukup tenar.
Di kecamatan Kajoran juga terdapat sebuah air terjun menarik yaitu Curug Silawe. Selain itu di kecamatan Kajoran juga terkenal dengan kesenian Tari Lengger. Kesenian Tari Lengger yang merupakan tarian sakral ini telah beradaptasi dengan perkembangan jaman, sehingga terdapat banyak perubahan pada orientasi kesenian. Seni tari ini telah dikembangkan menjadi sebuah kesenian yang patut untuk di “jual” kepada wisatawan.
Tidak hanya itu, di area Mendut juga terdapat beberapa obyek wisata menarik yang wajib dikunjungi ketika berkunjung di Kabupaten Magelang. Selain wisata sejarah Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon, ada juga wisata seni di museum Widayat yang menyimpan berbagai macam koleksi seni bernilai jual tinggi, dan wisata olahraga di Taman Rekreasi / kolam renang Mendut beserta Taman Anggreknya, dan olahraga Arung Jeram dengan mengarungi sungai Progo atau Elo.
Gardu Pandang Ketep pun menjadi sebuah obyek wisata yang selalu di idam-idamkan para wisatawan untuk dinikmati. Pasalnya, selain wisatawan dapat menikmati keindahan panorama gunung Merapi dan gunung Merbabu dengan kesejukan udaranya, wisatawan juga dapat menikmati sebuah film dokumenter tentang kegunungapian gunung Merapi di Volcano Theater. Tidak jauh dari gardu pandang Ketep, terdapat air terjun Kedung Kayang yang mempesona. Selain itu, terdapat pula beberapa obyek wisata religi yang ada di Kabupaten Magelang antara lain Langgar Agung Pangeran Diponegoro, Makam Kyai Condrogeni, Makam Sunan Geseng, Makam Raden Santri, dsb.
Wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas kabupaten Magelang yang sangat menggoda selera, antara lain : kupat tahu dan sop senerek. Kuliner lain yang dapat menjadi buah tangan wisatawan adalah pothil magelang, wajik “week” salaman, tape ketan muntilan, dan gethuk trio. Makanan – makanan ini sangat cocok untuk camilan sebagai hidangan bersantai bersama keluarga.
Selain itu beberapa fasilitas yang mendukung perjalanan wisatawan di kabupaten Magelang juga telah disiapkan, seperti :
a.       Akomodasi, ada berbagai macam akomodasi di kabupaten Magelang dari yang bertaraf pelajar hingga bertaraf internasional seperti hotel Queen Manohara (dipelataran Candi Borobudur) dan hotel Amanjiwo di kaki pegunungan Menoreh.
b.      Transportasi, transportasi lokal seperti bis umum, angkutan pedesaan, ojeg, bahkan angkutan tradisional seperti andong dan becak juga disiapkan untuk kemudahan wisatawan dalam mengakses obyek wisata di kabupaten Magelang.
c.       Shoping Area, ada berbagai macam tempat belanja yang sesuai minat wisatawan mulai pasar tradisional di setiap kecataman, pasar kerajinan di Candi Borobudur, dan Mall Armada Town Square atau lebih dikenal Artos di kecamatan Mertoyudan.

Mempersiapkan Produk Wisata
            Salah satu pariwisata yang menjadi maskot utama kabupaten Magelang adalah Candi Borobudur, Candi Mendut, dan Candi Pawon. Walaupun Candi Borobudur telah dikelola oleh perusahaan BUMN, namun retribusi pariwisata di Candi Borobudur telah mampu menunjang perekonomian masyarakat di sekitar Candi Borobudur. Selain Borobudur, kabupaten Magelang memiliki banyak potensi wisata yang memiliki nilai jual yang cukup baik. Hanya saja potensi pontensi wisata tersebut belum di ubah menjadi produk/paket wisata yang dapat dinikmati oleh wisatawan dengan mudah dan nyaman. Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang baik antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku pariwisata di kabupaten Magelang agar dapat menarik wisatawan untuk datang ke kabupaten Magelang. Karena semakin banyak wisatawan luar yang datang, maka perekonomian masyarakat kabupaten Magelang pun akan meningkat.  Jadi sebenarnya pariwisata adalah penunjang perekonomian masyarakat yang perlu ditingkatkan.
            Untuk dapat menjadikan potensi-potensi wisata tersebut untuk dapat dinikmati wisatawan maka perlu adanya sebuah produk wisata sebagai sarana untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan wisatawan dalam menikmati perjalanan wisata. Sebuah potensi wisata dapat dijadikan sebuah produk wisata apabila potensi wisata tersebut memiliki tiga komponen utama yaitu :

1.      Obyek tersebut mimiliki sesuatu yang dapat di lihat,
2.      Dalam mengunjungi obyek wisata tersebut ada sesuatu untuk dilakukan,
3.      Dan ada sesuatu untuk dibeli sebagai kenangan
Tujuanya adalah untuk memberikan kesan yang mendalam kepada wisatawan agar mereka mau berkunjung lagi. Dalam hal ini dapat kita terapkan sapta pesona yaitu aman, tertib, bersih, indah, sejuk, ramah tamah, dan kenangan, di setiap obyek pariwisata di kabupaten Magelang.
            Pemerintah, pelaku pariwisata dan masyarakat sangat berperan dalam membangun pariwisata di kabupaten Magelang. Dalam hal ini kesadaran masyarakat khususnya di kabupaten Magelang sangat minim dalam melestarikan pariwisata. Konsep sadar wisata perlu diterapkan dan disosialisasikan kembali kepada masyarakat kabupaten Magelang. Konsep sadar wisata perlu ditumbuhkembangkan kepada masyarakat sejak dini, dalam hal ini perlu dimasukkan dalam sebuah materi pembelajaran di sekolah dasar. Selain itu penyuluhan- penyuluhan sadar wisata kepada organisasi masyarakat, pegawai, pemuda, dan seluruh elemen masyarakat perlu disosialisasikan.
            Pembangunan fasilitas – fasilitas penunjang juga sangat diperlukan sebagai sarana penunjang kenyamanan wisatawan. Misalnya pembangunan jalan dan transportasi di sebuah obyek wisata Air Terjun Curug Silawe di kecamatan Kajoran. Akses menuju lokasi masih cukup sulit dikarenakan keterbatasan transportasi, dan medan jalan yang masih berbahaya karena belum di aspal / masih tanah berbatu.  Selain itu juga perlu adanya pembangun fasilitas standar seperti toilet, tempat istirahat/rest area, dan tempat parkir yang cukup.
            Setelah jalur transportasi dan fasilitas penunjang di obyek wisata telah siap, baru diadakanya promosi genjar – genjaran di beberapa wilayah yang berpotensi terhadap kepariwisataan Kabupaten Magelang. Perlu diadakanya sebuah travel mart untuk pariwisata kabupaten Magelang, yakni diadakanya sebuah pameran pariwisata yang mempertemukan para pelaku wisata dari obyek – obyek wisata kabupaten Magelang dengan para penjual paket wisata (travel agent) dan wisatawan umum.
Selain itu kesadaran masyarakat dan para pelaku pariwisata sangat diperlukan dalam menjaga konsistensinya melestarikan keindahan, kebersihan, keamanan, dan kenyamanan dalam menjalankan pariwisata di kabupaten Magelang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar